Header Ads

Access Point Name ( APN )


APN ( access Point name)

Apa Itu Access Point Name ?

Sebuah perangkat mobile membuat sambungan data harus dikonfigurasi dengan APN hadir untuk carrier. Pengangkut kemudian akan memeriksa pengenal ini untuk menentukan jenis koneksi jaringan harus dibuat, misalnya: apa alamat IP harus diserahkan kepada perangkat nirkabel, metode apa yang harus digunakan keamanan, dan bagaimana koneksi, itu harus terhubung ke beberapa jaringan pelanggan pribadi.

Lebih khusus, APN mengidentifikasi jaringan paket data (PDN) bahwa pengguna mobile data ingin berkomunikasi dengan internet. Selain mengidentifikasi sebuah PDN, sebuah APN juga dapat digunakan untuk menentukan jenis layanan, (misalnya koneksi ke protokol aplikasi nirkabel (WAP) server, layanan pesan multimedia (MMS)) yang disediakan oleh PDN. APN yang digunakan dalam 3GPP jaringan akses data, misalnya general packet radio service (GPRS), berevolusi inti paket (EPC).

Struktur dari APN


APN Internet
Struktur Access Point Name
APN terstruktur terdiri dari dua bagian seperti yang ditunjukkan pada gambar disamping.
Jaringan Identifier: Mendefinisikan jaringan eksternal mana Gateway GPRS Support Node (GGSN) terhubung. Opsional, juga dapat mencakup layanan yang diminta oleh pengguna. Ini bagian dari APN adalah wajib. Operator Identifier: Mendefinisikan jaringan paket domain operator yang spesifik di mana GGSN berada. Ini bagian dari APN adalah opsional. PKS adalah Mobile Country Code dan MNC adalah Kode Jaringan Mobile yang bersama-sama unik mengidentifikasikan jaringan operator seluler.

Contoh Jenis APN Umum Di Jaringan Seluler Indonesia

Contoh :
  • APN           :   Internet
  • User Name : kosongkan
  • Password    : Kosongkan
               


No comments

Silahkan berikan komentar anda dengan sopan !!!

Powered by Blogger.